Tuduhan Teman Muslim: YESUS KRISTUS & ROH KUDUS


QS. 21:24-25. Apakah mereka mengambil tuhan-tuhan selain-Nya? Katakanlah (hai Muhammad): "Unjukkanlah hujahmu! (Al Qur'an) ini adalah peringatan bagi orang-orang yang bersamaku, dan peringatan orang-orang yang sebelumku". Sebenarnya kebanyakan mereka tiada mengetahui yang hak, karena itu mereka berpaling. Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum kamu (Muhammad), melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku".]

[QS. 5:68. Katakanlah: "Hai Ahli Kitab (Yahudi dan Kristen), kamu tidak dipandang beragama sedikit pun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan apa (Al Qur'an) yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka (Ahli Kitab); maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu.]

- 01 (Satu ) Perjanjian Lama mengatakan bahwa Tuhan adalah Allah (bukan Yesus) :
UL 4:35 “Bahwa Tuhanlah Allah, tiada yang lain kecuali Dia.” = Laa Ilaaha Illallah.
UL 6:4 “Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu Esa.”
Yesus juga hanya menyembah kepada Allah (lihat Pasal 1 ayat 1-15).
Semua Rasul hanya menyembah Allah, bukan menyembah Yesus (lihat no 2 di bawah).

Jawaban [ https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-1perjanjian.html]

- 02 (Dua)  Yesus tidak merubah hukum Taurat
Mat 5:17 “Janganlah kamu menyangka, bahwa aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau Kitab para Nabi.”
Salah satu hukum Taurat adalah menyembah Allah (bukan menyembah Yesus) sebagaimana yang tercantum dalam :
Kel 3:15 “Tuhan Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak, Allah Yakub, telah mengutus aku (Musa). Itulah nama Tuhan untuk selama-lamanya.”
Kel 20:1-3
20:1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
20:2 "Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
20:3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
Tanggapan Pencet Link ini > [https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-2-yesus-tidak.html]

- 03 (Tiga ) Pengikut Paulus salah memahami injil Yohanes 1:1-18
“Pada mulanya adalah firman, firman itu bersama-sama dengan Allah, segala sesuatu dijadikan oleh dia (firman), dan tanpa dia (firman) tidak ada satupun yang telah jadi”.
artinya : langit dan bumi serta isinya ini (termasuk Yesus) diciptakan Allah cukup dengan firman-Nya “Jadilah” (Kej 1:1-31). Artinya Yesus juga termasuk ciptaan Allah.
“Dalam dia (firman) ada hidup, dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya dalam kegelapan, dan kegelapan itu tidak menguasainya”.
maksudnya yaitu : di dalam firman terdapat hidup/ajaran yang baik (Taurat/Mazmur/Injil/Qur’an) untuk menerangi/menuntun manusia kepada kebaikan, karena manusia jika tidak ada cahaya Taurat/Zabur/Injil/Qur’an akan hidup dalam kegelapan (Yeh 3:17 & Mat 7:21). Dan jika manusia sudah mantap berpegang teguh dengan terang/firman tersebut maka kejahatan tidak dapat mengalahkannya (Yeh 3:21).
3:17 "Hai anak manusia, Aku telah menetapkan engkau menjadi penjaga kaum Israel. Bilamana engkau mendengarkan sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka atas nama-Ku.
3:21 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang yang benar itu supaya ia jangan berbuat dosa dan memang tidak berbuat dosa, ia akan tetap hidup, sebab ia mau menerima peringatan, dan engkau telah menyelamatkan nyawamu."
“Ia (Yohanes) datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya semua orang percaya…. Terang sesunguhnya …, sedang datang ke alam dunia”.
maksudnya yaitu : Yohanes diutus Allah sebagai nabi untuk bersaksi/menyampaikan kabar kepada semua orang, bahwa terang/firman setelah Taurat yang dibawa Nabi Musa, akan kembali datang ke dunia berupa Injil yang dibawa oleh Nabi Yesus (Mat 5:17-20).
“Ia (firman) telah ada di dunia dan dunia dijadikan olehnya, tapi dunia tidak mengenalnya. Ia (firman) datang kepada milik kepunyaan-Nya, tapi orang kepunyaan-Nya itu tidak menerimanya. Tapi orang yang menerimanya … menjadi anak Allah”.
artinya : Allah menciptakan dunia cukup dengan firmanNya (Kej 1:1-31), dan otomatis firman itu telah ada di dunia (seperti roti terbuat dari terigu, maka otomatis terigu itu ada di roti). Tapi penduduk dunia ( Israel ) yang diciptakan-Nya itu tidak tidak menerima firman (Injil) itu, padahal mereka diciptakan Allah juga dengan firman (Kej 1:1-31). Tapi jika penduduk dunia menerima firman itu, mereka disebut anak Allah (1Yoh 5:1-2).
“Kini firman itu telah menjadi manusia (Yesus)…… dan kita telah melihat kemuliaannya, yaitu ... sebagai anak tunggal Bapa (anak Allah)”.
maksudnya yaitu : Allah menciptakan Yesus dengan firman-Nya, sebagaimana Allah menciptakan alam ini juga dengan firman-Nya (Kej 1:1-31). Sebagaimana Allah, kami (umat Islam) juga memuliakan Yesus sebagai Rasul/Nabi mulia.
Sebuah perumpamaan : “Pada mulanya adalah terigu, terigu itu bersama dengan gandum, dan terigu itu adalah gandum. Terigu pada mulanya adalah gandum. Segala macam kue dijadikan dari terigu, dan tanpa terigu tiada satupun yang jadi kue… kini terigu itu telah menjadi roti”. lalu apakah roti disebut sebagai gandum/terigu juga ? TIDAK… tapi roti hanya salah satu kue yang dijadikan dari terigu.
Sama dengan ayat itu : “Pada mulanya adalah firman, firman itu bersama dengan Allah. Dan firman itu adalah Allah. Firman pada mulanya adalah Allah.Dunia ini diciptakan oleh firman, dan tanpa firman tiada satupun yang dapat diciptakan… kini firman itu telah menjadi Yesus”. lalu apakah Yesus disebut sebagai Allah/firman juga ? TIDAK… tapi Yesus hanya salah satu ciptaan yang dijadikan dari Firman.
Jawaban [ https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-3-pengikut.html]

- 4 (Empat ) Pengikut Paulus (Kristiani) salah memahami injil Yohanes 14:6
“Dia jalan kebenaran dan hidup, tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa/Allah kalau tidak melalui Yesus”.
Ayat ini mengatakan bahwa Yesus bukan Tuhan, tapi hanya figur yang harus diikuti.
Maksud ayat itu adalah jika kalian ingin dekat dan mengenal Allah maka ikutilah dan taatilah ajaran Yesus (Yoh 7:16-17) dan jika kalian tidak taat maka kalian tidak akan bisa dekat dengan Tuhan atau tidak akan masuk sorga (Mat 5:17-20). Dan juga tidak pantas bagi siapapun saat itu untuk dijadikan panutan/pemimpin agama (Mat 23:10) karena saat itu sudah ada nabi Yesus (Luk 4:43).
Ayat di atas dikhusukan untuk zaman Yesus saja, bukan untuk zaman saat ini (Yoh 16:12), karena di zaman setelah Yesus akan ada figur/nabi/rasul baru lagi yang membawa ajaran lebih sempurna untuk datang kepada Allah (Pasal 1 no 13 dan Pasal 12).
Ayat di atas bukan untuk zaman sebelum Yesus, karena dizaman sebelum Yesus jika ingin datang kepada Allah : harus melalui Musa (UL 4:1-2 & 10:13-14), harus melalui Loth (Kej 19:6-8), harus melalui Yosua (Yos 24:27), harus melalui Yehezkiel (Yeh 3:16-17).
Begitu juga Nabi terakhir (Nabi Muhammad) berpesan yang sama kepada umatnya : “Jika kalian ingin lebih dekat dengan Allah, maka patuhilah aku.” (Hadis sohih).
Jawaban [https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-4-pengikut.html]

- 5 (Lima ) Pengikut Paulus (Kristiani) salah paham tentang Yesus sudah ada sebelum lahir
Yoh 1:15 dan Yoh 8:58 dan Yoh 1:26-27.
Maksud ayat-ayat itu adalah : bahwa Allah hanya memuliakan Yesus sebagaimana Allah memuliakan para nabi-nabi yang lain seperti nabi Yeremia sudah ada sebelum kelahirannya
(Yeremia 1:8) dan juga Elia sudah ada sebelum dilahirkan (Mat 17:10-12 nyambung ke Yoh
1:19-20). Dan semua rasul juga sudah ada sebelum mereka dilahirkan, termasuk Muhammad, karena Allah memuliakan semua Rasul-Nya.
Anehnya lagi dalam Alkitab, Melkisedek lebih hebat dari Yesus karena Melkisedek sudah ada sebelum dunia diciptakan (Ibrani 7:3). Bahkan iblispun sudah ada sebelum para nabi diutus (Kej 3:1).
Tanggapan Pencet Link ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-15-4yesus.html]

- 6 (Enam) Beberapa alasan para pengikut Paulus untuk menuhankan Yesus sangat tidak tepat :
Yesus lahir tanpa ayah - padahal lebih hebat Adam dan Hawa dan Melkisedek lahir tanpa ayah dan ibu. Begitu juga ular nabi Musa lebih hebat lagi keluar dari tongkat.
Yesus menyembuhkan orang sakit - padahal Petrus juga dapat menyembuhkan orang sakit dengan do’a (Kis 9:32-43). Di zaman sekarangpun banyak orang beriman yang dapat menyembuhkan penyakit dengan do’a-do’a.
Yesus adalah anak tunggal Allah - padahal Allah punya dua anak sulung (Kel 4:22 & Yerm 31:9), dan semua orang yang patuh dan berimanpun disebut anak Allah (2Sam 7:14 & Yoh 6:38-

39), lihat Pasal 2 bagian B.
Yesus sebagai juru selamat - padahal semua rasul juga sebagai juru selamat umatnya. Seperti Nuh juru selamat umatnya, Loth juru selamat umatnya, Musa juru selamat umatnya. Dan Nabi Muhammad juga menjadi juru selamat umatnya dari penyembahan berhala dan kejahatan dosa (lihat ayat 4 point 5 di atas).
Yesus sebagai penebus dosa – padahal tetap saja yang berdosa wajib dihukum (Mat 5:21 & 12:36-37). Dan Israel tanpa Yesuspun telah tertebus dosanya (Kel 15:13).
Yesus adalah Roh Kudus - padahal semua nabi juga roh kudus (1Yoh 4:1). Jika Yesus roh kudus kenapa dia bernubuat akan datangnya roh kudus? (lihat Pasal 2 bagian A)
Yesus adalah firman - padahal semua yang ada di alam ini juga termasuk firman (Kej : 1:1-31). Dan semua nabipun diutus sebagai firman : Musa/Taurat, Daud/Mazmur, Yesus/Injil, Muhammad/Al-Qur’an.
Tanggapan Pencet Link ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-6-beberapa.html]

- 7 (Tujuh) Pengikut Paulus (Kristiani) salah dalam memahami Kitab 1Yohanes 5:7 :
“SePasal ada tiga yang memberi kesaksian di dalam sorga : Bapa, Firman danRoh Kudus. Dan ketiganya adalah satu.” Ayat ini dijadikan salah satu alasan untuk menuhankan Yesus. Dan ternyata tidak tepat, perhatikan di bawah ini :
Bapa : jika kita memperhatikan Kitab Yoh 20:17 & Mat 6:9 & Mat 27:46. Kalimat Bapa adalah sinonim dari Allah. Yaitu nama Tuhan yang memiliki alam semesta (Kel 3:15), dan Dialah yang Maha Esa/Satu (Yoh 5:44).
Firman : jika kita memperhatikan Kitab Kejadian pasal 1 ayat 3, 6, 9, 11, 12, 14, 20, 24, 26 dan 29. Kalimat Firman artinya ucapan Allah. Dan juga dapat kita simpulkan bahwa Allah menciptakan langit dan bumi beserta seluruh isinya cukup dengan berfirman/mengucapkan/kalimat “Jadilah”. Sebagaimana dijelaskan dalam Kitab Yoh 1:1.
Roh Kudus : jika kita perhatikan lagi bahwa : Roh Kudus BERASAL dari Allah (1Yoh 4:1), Roh Kudus PEMBERIAN Allah (Yoh 14:16), dan Roh Kudus UTUSANAllah (Yoh 14:26). Jadi semua yang BERASAL atau PEMBERIAN atau UTUSAN Allah adalah ciptaan Allah – BUKAN JELMAAN ALLAH (Lihat Pasal II bagian A).
Ketiganya adalah satu : maksudnya yaitu bahwa alam semesta ini (termasuk roh kudus) dari tidak ada menjadi ada karena diciptakan oleh yang Maha Satu yaitu Allah (Kej 1:1-29, Kel 3:15, Yoh 5:44). Jadi alam semesta ini pada hakekatnya/substansialnya adalah satu. Tapi bukan berarti yang diciptakan-Nya itu disebut juga sebagai Tuhan (lihat perumpamaan roti dan gandum di ayat 3 point 6-7).
Dan ayat 1Yoh 5:7 tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan Yesus. Bahkan Yesus bernubuat tentang akan datangnya roh kudus setelah dia tiada (Yoh 14:26, sebelumnya baca ayat ini dulu Yoh 16:7), yang tiada lain adalah Nabi Muhammad.
Tanggapan [ https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-7-pengikut.html]

- 8 (Delapan) Pengikut Paulus (Kristiani) salah dalam memahami Kitab Yoh 14:11
“Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam aku”. Ayat ini dijadikan alasan untuk menuhankan Yesus. Dan ternyata tidak tepat :
Aku di dalam Bapa, maksudnya yaitu : Yesus di dalam kekuasaan Allah Yang Maha Kuasa, karena Yesus tidak punya kuasa setitikpun (Yoh 8:42 – Yoh 8:16-18 – Yoh 5:30 – Mat 20:23 – Mat 24:36 – Mark 13:32 – Luk 11:20 – Luk 22:42 – Yoh 5:19 – Yoh 5:36 – Yoh 6:38-39 – Yoh 7:16-17 – Yoh 7:28-29 – Mark 11:13 – Mark 1:13 – Kis 10:40 – Kis 10:38). Dan juga Yesus hidup di dalam naungan Hukum Allah (Mat 5:17-20 & Luk 4:43).
Bapa di dalam aku, maksudnya yaitu : Allah selalu menyertai Yesus dengan roh kudus (Kis 10:38). Begitu juga Allah ada di dalam (menyertai) Yusuf (Kej 39:2 & 39:21 & 48 23). Dan Allah juga ada di dalam (menyertai) Musa (Kel 4:15 & 3:12).
Tanggapan Pencet Link ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-8-pengikut.html]

-9 (Sembilan) Pengikut Paulus (Kristiani) salah paham tentang Yesus membangkitkan orang mati
Yoh 11:44 & Mark 5:41. Peristiwa ini dijadikan salah satu alasan untuk menuhankan Yesus. Dan ternyata tidak tepat, karena :
Yesus tidak punya kuasa setitikpun, termasuk tidak kuasa menghidupkan orang mati, karena semua perbuatan Yesus adalah atas kehendak Allah/Insya Allah (Yoh 6:38).
Lihat Pasal I ayat 5.
Ketika membangkitkan Lazarus (Yoh 11:44) Yesus berdo’a memohon kepada Allah, supaya Allah menghidupkan Lazarus (Yoh 11: 41-42), jadi bukan karena kehendak Yesus tapi kehendak Allah.
Pada ayat Mark 5:41, sebenarnya Yesus tidak membangkitkan orang mati, karena Yesus dengan kuasa Allah telah tahu bahwa anak itu tidak mati, tapi hanya tertidur (Mark 5:39).
Membangkitkan orang mati hanya salah satu mukjizat Yesus yang diberikan dengan kuasa Allah.
Seperti Musa dapat membelah laut adalah karena mukjizat dari kuasa Allah. Begitu juga Nabi Muhammad dapat membelah bulan dan menyatukannya kembali adalah karena mujizat dari Allah.
Tanggapan Pencet Ling ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-9-pengikut.html]

-10 (Sepuluh)  Pengikut Paulus salah memahami ayat Yoh 14:9 :
“Barang siapa melihat aku, ia telah melihat Allah”. Ini dijadikan alasan untuk menuhankan Yesus. Ternyata tidak tepat :
Ayat tersebut hanya sebuah perumpamaan untuk menjawab orang degil/fasik (Mark 4:12).
Yesus berkata seperti itu, karena selain para Nabi, pasti akan binasa jika melihat Allah secara langsung, sebagaimana yang tersebut di
Kel 19:24 “Para Imam dan rakyat tidak boleh … menghadap Tuhan, supaya mereka jangan dilanda-Nya.”
Kel 20:19 “Janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati.”
Kel 33:20-23 “Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sePasal tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.”
Dan Tuhan memang tidak bisa dilihat oleh orang awam
Yohanes, 1:18 “Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah.”
1Timotius, 6:16 “Seorangpun tak pernah melihat Dia/Allah.”
1Timotius, 6:16 “Dan memang manusia tidak dapat melihat Dia/Allah.”
Tanggapan Pencet Link ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-10-pengikut.html]


-11 (Sebelas) B. Anak Allah tidak bisa disebut sebagai Tuhan atau jelmaan Tuhan
1. Anak Allah adalah sebutan bagi manusia yang membawa damai
Mat : 5:9 “Bahagialah orang yang membawa damai, karena akan disebut anak Allah.”

2. Anak Allah adalah sebutan bagi manusia yang taat kepada Allah
1Yoh 5:1-2 “Anak Allah yaitu jika kita mengasihi Allah dan melakukan perintah-Nya.”

3. Anak Allah adalah sebutan bagi orang yang dikasihi Tuhan
2 Sam 7:14 “Aku akan menjadi Bapanya, dan dia akan menjadi anak-Ku.”
Yoh 6:38-40 “Yesus diangkat menjadi anak karena dikasihi.”

4. Ada 76 silsilah Yesus disebut anak Allah
Luk 3:38 “Yesus, Yusuf, Eli, Matat, Lewi, Malkhi, Yanai, Yusuf, Matica, Amos, Nahum, Helsi, Nagai, Maat, Matica, Simei, Yosekh, Yoda, Yohanan, Resa, ZeruPasalel, Sealtiel, Neri, Malkhi, Adi, Kosam, Elmadam, Er, Yosua, Elizer, Yorim, Matat, Lewi, Simeon, Yehuda, Yusuf, Yonam, Elyakim, Melea, Mina, Matata, Natan, Daud, Isai, Obet, Boas, Salmon, Nahason, Aminadab, Admin, Arni, Hezron, Peres, Yehuda, Yakub, Ishak, Abraham, Tera, Nahor, Serug, Rehu, Peleg, Eber, Salmon, Kenan, Aprakhsad, Sem, Nuh, Lamekh, Metusalah, Henokh, Yeret, Mahalaleel, Kenan, Enos, Set, Adam, (semuanya) anak Allah.”

5. Anak Allah suka sama wanita juga
Kej 6:2-4 “Anak Allah melihat … anak perempuan manusia … lalu mengambil isteri.”

6. Israel/Yakub anak sulung Allah dan anak kesayangn-Nya
Kel 4:22 “Israel ialah anak-Ku yang sulung.”
Hosea 11:1 “Ketika Israel masih muda, Ku kasihi dia.”

7. Allah mengangkat anak di zaman Daud
Maz 2:7 “Anakku … engkau telah kuperanakkan hari ini.”

8. Efraim juga anak sulung Allah
Yeremia 31:9 “Efraim adalah anak sulungku.”
Tuhan poligami punya dua anak sulung (Yakub dan efraim) ???

9. Yesus juga anak Allah
Luk 1:32 “Ia (Yesus) akan disebut anak Allah yang Maha Tinggi.”
Kalimat “Yang Maha Tinggi” ditujukan untuk Allah, bukan untuk Yesus. Seperti contoh : Budi anak Ridwan yang Sangat Galak. Kalimat “Sangat Galak” ditujukan untuk Ridwan, bukan untuk Budi.
Jika Yesus menyandang gelar anak Allah disebut sebagai Tuhan, maka semua anak yang tercantum di atas harus konsisten disebut sebagai Tuhan juga (Tuhan banyak???).
Jika pengikut Paulus (Kristiani) menganggap bahwa Allah hanya sayang kepada Yesus saja.
Anggapan itu dengan sendirinya dibantah dalam Kitab Hosea 11:1 bahwa Allah juga sayang kepada Israel .
Semua orang (termasuk Yesus) yang disebut sebagai anak Tuhan, tidak pantas disebut sebagai Tuhan,
Tanggapan Pencet Link ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-11-banak.html]

- 12 (Dua belas) 1. Yesus dengan tegas mengatakan bahwa dirinya bukan Tuhan :
Yohanes, 20:17 “Aku akan pergi kepada Bapaku dan Bapamu, Allahku dan Allahmu.”
Yohanes, 8:54 “Jika aku memuliakan diriku sendiri, maka kemuliaanku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa/Allah-kulah yang memuliakanku.”
Matius, 18:19 “Permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa/Allah-ku di sorga.”
Markus, 10:18 “Mengapa kau katakan aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah.”
Matius 19-17 “Hanya Satu yang baik … turutilah perintah Allah.”
Semua yang tidak mengakui dirinya sebagai Tuhan, ia tidak pantas disebut sebagai Tuhan.
Karena Tuhan pasti menyebut diri-Nya sebagai Tuhan : Im 19:31 & Yes 43:11.
Tanggapan Pencet Link ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-23-12yesus.html]

- 13 (Tiba belas) 2. Yesus dengan tegas mengatakan bahwa Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu (bukan tiga), yaitu Allah Tuhannya Yesus dan Tuhannya alam semesta :
Matius, 4:10 “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”
Matius, 23:8 “Hanya satu Rabimu.”
Markus, 12:29 “Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.”
Markus, 12:32 “Tidak ada yang lain kecuali Dia (Allah).” = Laa Ilaaha Illallah
Lukas, 10:21 “Bapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”
Yohanes, 5:44 “Allah yang Esa.”
Yohanes, 17:3 “Mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar.”
Semua yang lebih dari satu, tidak pantas disebut sebagai Tuhan karena Tuhan Maha Satu. Laa Ilaaha illallah (Tiada tuhan selain Allah), senada dengan :
Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 4:35
Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 6:4
Allah adalah nama Tuhan untuk selama-lamanya (bukan Yesus) : Keluaran, 3:15
Laa Ilaah Illallah (Tiada tuhan selain Allah) : Yesaya, 46:9.
Tanggapan Pencet Link ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-13-2yesus.html]

- 14 (Empat Belas) 3. Yesus berkata bahwa Tuhan/Bapa/Allah ada di sorga (bukan Yesus yang ada di bumi) :
Matius, 23:9 “Janganlah kamu menyebut siapapun Bapa/Allah di bumi ini, karena hanya satu Bapa/Allah-mu, yaitu Dia yang di sorga.”
Matius, 6:9 “Bapa/Allah kami yang di sorga.”
Matius, 5:48 “Bapa/Allahmu yang di sorga adalah sempurna.”
Matius, 10:32 “Di depan Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
Matius, 12:50 “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
Matius, 15:13 “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
Matius, 16:17 “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
Yohanes, 6:32-33 “Bapa/Allah-Ku yang memberikan kamu roti dari sorga.”
Matius, 18:10 “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
Matius, 18:19 “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
Matius, 7:21-23 “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
Semua yang ada di bumi adalah ciptaan Allah dan tidak pantas disebut sebagai Tuhan :
Kejadian, 1 & 2 “Allah menciptakan langit dan bumi.”
Lukas, 10:21 “Bapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”
Tuhan memang tidak dapat dilihat di bumi oleh manusia biasa :
Yohanes, 1:18 “Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah.”
1Timotius, 6:16 “Dan memang manusia tidak dapat melihat Dia/Allah.”
Kel 19:24 “Rakyat tidak boleh menghadap Tuhan, supaya jangan dilanda-Nya.”
Kel 20:19 “Janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati.”
Kel 33:20-23 “Tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.”
Tanggapan Pencet Link ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-14-3yesus.html]

- 15 (Lima Belas) 4. Yesus mengatakan bahwa dirinya hanya seorang Rasul/Nabi/utusan Tuhan/pemimpin :
Yohanes, 12:49 “Bapa/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Matius, 15:24-26 “Aku diutus hanya kepada … umat Israel .” = Rasul Allah.
Yohanes, 17:3 “Yesus yang telah Engkau (Allah) utus.” = Rasul Allah.
Matius, 10:40 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Matius, 23:10 “Hanya satu pemimpinmu yaitu Mesias.” = hanya Pemimpin umat.
Markus, 6:4-6a “Yesus berkata bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
Lukas, 4:18 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Lukas, 4:24 “Yesus berkata bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
Lukas, 4:43 “Untuk itulah aku diutus.” = Rasul Allah.
Lukas, 7:16 “Yesus membenarkan orang yang mengatakan dirinya hanya Nabi.”
Lukas, 7:39 “Yesus diam saja, ketika orang menyebut dirinya hanya seorang Nabi.”
Lukas, 9:48 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Lukas, 10:16 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 4:34 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 4:44 “Yesus bersaksi bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
Yohanes, 4:19 “Yesus membenarkan wanita yang menyebut dirinya hanya Nabi.”
Yohanes, 6:38 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 6:39 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 6:57 “Bapa/Allah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 7:16 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 7:33 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 8:29 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 8:18 “Bapa/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 9:4 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 11:42 “Engkaulah (Allah) yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
Yohanes, 17 :6-9 “Engkaulah (Allah) yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Semua yang diutus Tuhan adalah hamba Tuhan : Mat 12:17 & Kis 4:27.
Hamba Tuhan tidak pantas disebut sebagai Tuhan: Mat 19:17 & Luk 18:18 & Mark 10:18.
Tanggapan 14
Tanggapan Pencet Link ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-15-4yesus.html]

- 16 (Enam Belas) 5. Yesus dengan tegas mengatakan bahwa dirinya lemah dan tidak punya kuasa/kehendak setitikpun, melainkan hanya Allah yang berkehendak(Insya Allah) :
Yoh 8:42 “Aku datang bukan atas kehendakku … tapi Dialah yang mengutus aku.”
Yoh 8:16 “Penghakimanku benar … sePasal aku bersama Dia yang mengutus aku.”
Yoh 5:30 “Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diriku sendiri … sePasal aku tidak menuruti kehendakku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus aku.”
Mat 20:23 “Aku tidak berhak memberikannya … (tapi) Bapaku yang menyediakannya.”
Luk 11:20 “Aku mengusir setan dengan kuasa Allah.”
Luk 22:42 “Bukanlah kehendakku, melainkan kehendak-Mulah (Allah) yang terjadi.”
Yoh 5:19 “Anak (Yesus) tidak dapat mengerjakan sesuatu dari dirinya sendiri.”
Yoh 5:36 “Pekerjaan yang diserahkan Bapa kepadaku, supaya aku melaksanakannya.”
Yoh 6:38 “Aku … melakukan kehendak Dia yang telah mengutus aku.”
Yoh 6:39 “Inilah kehendak Dia yang telah mengutus aku.”
Yoh 7:16 “Ajaranku tidak berasal dari diriku, tapi dari Dia yang mengutus aku.”
Yoh 7:28-29 “Aku datang bukan atas kehendakku, tapi aku diutus oleh Dia/Allah.”
Yoh 7:28-29 “Aku datang dari Dia, dan Dialah yang telah mengutus aku.”
Mark 1:13 “40 hari lamanya dicobai oleh iblis.” Artinya Yesus bukan Tuhan.
Kis 10:40 “Dan Allah berkenan (menghendaki), Yesus (untuk) menampakkan diri.”
Kis 10:38 “Allah mengurapi dia (Yesus) dengan Roh Kudus dan kuasa-Nya.”
Semua yang tidak punya kuasa, tidak pantas disebut sebagai Tuhan : Mat 19:17 & Luk 18:18 & Mark 10:18 & Mat 12:17 & Kis 4:27.
Karena Tuhan Maha Berkuasa : Kej 1 & 2 – Yes 44:24 – Yes 46:9 – Yes 45:18.
Tanggapan Pencet Link ini >[https://dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-16-5yesus.html]

- 17 (Tujuh Belas ) 6. Yesus dengan tegas bahwa dirinya tidak mengetahui hari kiamat :
Markus 13:32 “Tentang hari dan saat itu (hari kiamat) tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan anak (Yesus)pun tidak, hanya Bapa saja.”
Mat 24:36 “Tentang hari dan saat itu (hari kiamat) tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan anak (Yesus)pun tidak, hanya Bapa sendiri.”
Semua yang tidak mengetahui hari kiamat, tidak pantas disebut sebagai Tuhan : Mat 19:17 & Luk 18:18 & Mark 10:18 & Mat 12:17 & Kis 4:27.
Karena Tuhan Maha Tahu segala yang telah terjadi dan yang akan terjadi :Yes 46:10 “Akulah Allah, dan tidak ada yang lain seperti Aku, yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian.”
Tanggapan Pencet Link ini > :dasaralkitab.blogspot.com/2018/03/tanggapan-atas-tuduhan-no-17-6yesus.html

- 18 (Delapan Belas) 7. Yesus tidak mengetahui musim buah :
Markus 11:13 “Tapi waktu ia tiba di situ, ia (Yesus) tidak mendapati apa-apa selain daun-daun saja, sePasal memang bukan musim buah ara.”
Matius, 21:19 “Dari jauh ia melihat pohon ara, lalu pergi ke situ, tapi ia tidak mendapati apa-apa … selain daun saja.”
Semua yang tidak mengetahui musim buah, tidak pantas disebut sebagai Tuhan : Mat 19:17 & Luk 18:18 & Mark 10:18 & Mat 12:17 & Kis 4:27.
Karena Tuhan Maha Mengetahui segala-galanya : Yes 46:10 “Akulah Allah, dan tidak ada yang lain seperti Aku, yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian.”
Tanggapan Pencet Link ini >

- 19 (Sembilan Belas ) 8. Yesus selama hidupnya selalu berdo’a kepada Tuhan (bukan kepada dirinya sendiri) :
Mat 14:19 “Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat.”
Mat 14:23 “Yesus naik ke atas bukit untuk berdo’a.”
Mat 26:36 “Aku (Yesus) pergi ke sana untuk berdo’a.”
Mat 26:42 “Ia (Yesus) pergi kedua kalinya untuk berdo’a.”
Mat 27:46 “Yesus berdo’a : Allahku, Allahku mengapa Engkau meninggalkan aku?.”
Mark 14:36 “Yesus berdo’a : Ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu.”
Mark 15:34 “Yesus berdo’a : Allahku, Allahku mengapa Engkau meninggalkan aku?.”
Luk 6:12 “Pergilah Yesus ke bukit untuk berdo’a.”
Luk 9:28 “Yesus naik ke atas gunung, untuk berdo’a.”
Luk 22:41-42 “Ia (Yesus) berlutut dan berdo’a.”
Luk 11:1 “Yesus sedang berdo’a di salah satu tempat.”
Semua yang berdo’a/memohon kepada Tuhan, tidak pantas disebut sebagai Tuhan.
Karena Tuhanlah yang Maha Menciptakan dan Maha Memiliki alam semesta : Kej 1 & 2 – Yes 44:24 – Yes 46:9 – Yes 45:18 & 24.
Tanggapan Pencet Link ini >

- 20 (Dua Puluh) 9. Yesus selama hidupnya bersyukur kepada Tuhan (bukan kepada dirinya sendiri) :
Luk 10:21 “Aku (Yesus) bersyukur kepada-Mu Bapa, Tuhan langit dan bumi.”
Mat 11:25 “Aku (Yesus) bersyukur kepada-Mu Bapa, Tuhan langit dan bumi.”
Mat 16:17 “Berbahagialah/bersyukurlah engkau … karena yang menyatakan itu, Bapa/Allah ku yang di sorga.”
Yoh 11:41 “Bapa, aku (Yesus) mengucap syukur kepada-Mu.”
Semua yang bersyukur/berterima kasih kepada Tuhan, tidak pantas disebut sebagai Tuhan.
Karena Tuhanlah yang Maha Memiliki alam semesta beserta isinya : Kej 1 & 2 – Yes 44:24 – Yes 46:9 – Yes 45:18.
Tanggapan Pencet Link ini >

- 21 (Dua Puluh Satu) 10. Yesus melarang dan mengutuk orang-orang yang berkata bahwa Yesus adalah Tuhan :
Matius, 23:9 “Janganlah kamu menyebut siapapun Bapa/Allah di bumi ini, karena hanya satu Bapa/Allah-mu, yaitu Dia yang di sorga.”
Mat 7:21 “Bukan setiap orang yang berseru kepadaku Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam kerajaan sorga. Melainkan dia yang melakukan kehendak Bapaku di sorga.”
Mat 7:22-23 “Pada hari terakhir (akhir zaman) banyak orang yang berseru kepadaku Tuhan, Tuhan! … Pada waktu itulah aku berterus terang kepada mereka : aku (Yesus) tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dariku, kamu sekalian pembuat kejahatan.”
Mark 10:18 “Mengapa kau katakan aku (Yesus) baik? Tidak ada seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja.”
Luk 18:18 “Mengapa kau katakan aku (Yesus) baik? Tidak ada seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja.”
Mat 19:17 “Hanya Satu yang baik … turutilah segala perintah Allah.”
Luk 13:26-28 “Enyahlah dari hadapanku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan” yaitu orang yang menyebut Yesus sebagai Tuhan : Mat 7:22-23.
Yang melarang dan mengutuk bukan Ropi (penulis buku ini) …, tapi Yesus sendiri.
Allah Maha Satu dan tidak ada yang seperti Allah (Laa Ilaaha Illallah) : Yes 46:9.

- 22 (Duapuluh Dua ) 11. Yesus hanya seorang hamba Allah (bukan jelmaan Allah) :
Mat 12:18 “Lihatlah itu hamba-Ku yang ku pilih.”
Kis 4:27 “Yesus, hamba-Mu yang kudus.”
Kis 4:30 “Yesus, hamba-Mu yang kudus.”
Seorang hamba tidak pantas disebut sebagai Tuhan (lihat ayat 1-10 di atas).
Tanggapan Pencet Link ini >

- 23 (Duapuluh Tiga ) 12. Yesus hanya sebagai anak Allah seperti halnya Yakub dan Efraim :
Luk 1:32 “Ia (Yesus) akan disebut anak Allah.”
Keluaran, 4:22 “Israel/Yakub anak sulung Allah.”
Hosea 11:1 “Israel/Yakub anak kesayangan Allah.”
Mazmur, 2:7 “Allah mengangkat anak di zaman Daud.”
Yeremia, 31:9 “Efraim anak sulung Allah.”
Semua yang disebut anak Allah tidak pantas disebut sebagai Tuhan (lihat ayat 1-10).
Dan lihat Pasal 2 bagian B di bawah.
Tanggapan Pencet Link ini >


- 24 (Duapuluh Empat) 13. Yesus hanya seorang pemimpin dan juru selamat umatnya :
Kis 5-31 “Dialah (Yesus) … pemimpin dan juru selamat, supaya Israel bertobat.”
Luk 4:41 “Ia (Yesus) adalah Mesias.”
Mat 23:10 “Hanya satu pemimpinmu, yaitu Mesias.”
Loth juga sebagai pemimpin dan juru selamat umatnya (Kej 19:6-8).
Musa juga sebagai pemimpin dan juru selamat umatnya (UL 4:1-2 & 10:13-14).
Yosua juga sebagai pemimpin dan juru selamat umatnya (Yos 24:27).
Yehezkiel juga sebagai pemimpin dan juru selamat umatnya (Yeh 3:16-17).
Nabi terakhir/Muhammad (Yoh 16:7,12) juga sebagai pemimpin (Yoh 16:13) dan juru selamat umatnya (Yoh 16:13 & Yoh 14:26). Dan lihat Pasal 3 ayat 4 point 4.

- 25 (Duapuluh Lima) 14. Stefanus melihat Yesus ada di samping Allah (bukan sebagai Allah)
Kisah, 7:55 “Stefanus melihat … Yesus ada di samping Allah.”
Kisah, 7:56 “Anak manusia (Yesus) berdiri di sebelah kanan Allah.”
Apakah Tuhan ada dua sosok…? padahal Yesus menampakkan dirinya karena kuasa Allah bukan karena kemauan Yesus sendiri (Kis 10:40).
Musa serta Elia juga menampakan dirinya setelah berabad-abad wafat (Luk 9:29-31).
Para Nabi juga hidup di samping Allah (Kej 48:15).
Tapi penulis kisah di atas berlebihan dan bertentangan dengan Yoh 1:18 & 1Timot 6:16 & Kel 19:24 & Kel 20:19 & Kel 33:20-23, karena Allah tidak bisa dilihat oleh orang biasa.
Tanggapan Pencet Link ini >

- 26 (Duapuluh Enam ) 15. Yesus hanya ditinggikan/diberkati oleh Allah (bukan dilantik sebagai Tuhan)
Kis 5:31 “Dialah (Yesus) yang ditinggikan Allah dengan tangan kanan-Nya.”
Koresh ditinggikan dengan tangan Allah menjadi pemimpin bangsa-bangsa (Yes 45:1).
Nabi terakhir (Nabi Muhammad) juga ditinggikan/diberkati dengan tangan Allah menjadi pemimpin bangsa-bangsa (Yes 42 : 1-4). (lihat Pasal 12 ayat 25).
Bahkan Musa diberkati sebagai Allah bagi Firaun (Kel 7:1), - Apakah Musa dilantik sebagai Tuhan???
Tanggapan Pencet Link ini >

- 27 (Duapuluh Tujuh) A. Roh kudus tidak bisa disebut sebagai Tuhan atau jelmaan Tuhan
1. Roh kudus sebagai media Tuhan untuk menciptakan alam
Kej 1:1-14 “Roh Allah melayang-layang … (kemudian Allah menciptakan alam).”
Tanggapan Pencet Link ini >


- 28 (Duapuluh Delapan) 2. Roh kudus sebagai media Tuhan untuk menghidupkan
Kej 2:7 “Menghembuskan nafas/jiwa/roh hidup ke dalam hidungnya, demikianlah manusia menjadi mahkluk yang hidup.”
Maz 33:6 “Oleh nafas/jiwa/roh dari mulut-Nya segala tentara-Nya.”

3. Roh kudus sebagai media Tuhan untuk mengangkat manusia menjadi Nabi dan Rasul
Bil 11:25 “Roh itu hinggap ke mereka … kepenuhanlah mereka seperti Nabi.”
Bil 11:29 “(Jika) Tuhan memberikan Roh-Nya kepada mereka, (pasti menjadi Nabi).”
Luk 1:15) “Ia (Yohanes) akan penuh Roh kudus dari rahim ibunya.”

4. Roh kudus sebagai media Tuhan untuk memberkati ibu yang akan melahirkan nabi
Luk 1:35 “Roh kudus akan turun atasmu (Maria/ibunya Yesus).”
Luk 1:41-42 “Elizabet (ibunya Yohanes) penuh dengan Roh kudus.”

5. Roh kudus sebagai media Tuhan untuk menyampaikan wahyu kepada para nabi
1Yoh 4:1 “Janganlah percaya atas setiap roh, tapi ujilah roh-roh itu, apakah berasal dari Allah; sePasal banyak nabi-nabi palsu pergi ke seluruh dunia. (karena nabi palsu itu didatangi roh/wahyu yang bukan dari Allah : 1Yoh 4:6).

6. Roh kudus sebagai media Tuhan untuk memberikan kuasa kepada orang-orang soleh
Kis 1:8 “(Murid-murid Yesus) menerima kuasa, jika Roh kudus turun ke atas (nya).”
Yoh 20:21 “(Yesus) menghembusi Roh kudus (kepada para muridnya).”

7. Roh kudus sebagai media Tuhan untuk menjadikan hamba-Nya seorang alim
Kel 31:1-3 “(Bezaleel) dipenuhi Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian.”
Kel 35:31 “(Bezaleel) dipenuhi Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian.”
Tanggapan Pencet Link ini >

- 29(Duapuluh Sembilan) 8. Roh kudus juga sebagai sebutan untuk nabi terakhir
Nabi terakhir/Muhammad/Roh kudus (Yoh 16:7,12) juga sebagai pemimpin (Yoh 16:13) dan juru
selamat umatnya (Yoh 16:13 & Yoh 14:26). Lihat nubuat Nabi Muhammad di Pasal 3 ayat 4 point 4.
Tanggapan Pencet Link ini >

- 30 (Tiga Puluh) Muhammad dalam perjanjian baru
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya (Yohanes 14:16)

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku. Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum ia terjadi, supaya kamu percaya, apabila ia terjadi. Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-Ku. Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku, bangunlah, marilah kita pergi dari sini." (Yohanes 14: 25-30)

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. (Yohanes 16: 7-14)

Kristen pagan membual bahwa yang dimaksud dengan penghibur adalah Roh kudus salah satu 
oknum dari trinitas mereka juga berargumen bahwa nubuat Yesus telah dipenuhi oleh kejadian pada kitab Kisah Para Rasul

Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. (Kisah Para Rasul 2:1-4)

Kaum Kristen pagan juga berargumen bahwa tidak mungkin bahwa yang dimaksud Yesus dengan penghibur adalah Muhammad Saw sebab Muhammad telah meninggal dunia lebuh dari 1300 tahun yang lalu sementara penghibur dikatakan akan menemani selama-lamanya. Pertanyaannya adalah benarkah semua Bualan Kristen pagan tersebut?, mari kita bahas satu persatu

Tanggapan Pencet Link ini >

- 31 (Tigapuluh Satu) 9. Roh kudus juga merupakan sosok malaikat
Luk 2:25 “Roh kudus ada di atasnya (Simeon).”
Luk 3:22 “Turunlah Roh kudus berupa burung merpati ke atasnya (Yesus).”

10. Roh kudus BERASAL dari Allah (1Yoh 4:1).

11. Roh kudus PEMBERIAN Allah (Yoh 14:16).

12. Roh kudus UTUSAN Allah (Yoh 14:26).

13. Semua yang BERASAL, PEMBERIAN, dan UTUSAN Allah adalah ciptaan Allah (bukan jelmaan Allah). Ciptaan Allah tidak pantas disebut sebagai Tuhan (Yes 46:9).

14. Semua orang yang dihinggapi Roh kudus, tidak pantas disebut sebagai Tuhan.

15. Jika Yesus adalah Roh kudus, lalu kenapa Yesus bernubuat tentang kedatangan roh kudus jika Yesus telah tiada???
Tanggapan Pencet Link ini >


- 32 (Tigapuluh Dua ) Bukti kedua bahwa kata Roh kudus adalah penambahan adalah berdasarkan Yohanes 14:16 yang mengatakan:

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya (Yohanes 14:16)

Permasalahan "Penolong yang lain" selalu didefinisikan dengan roh kudus oleh kristen pagan akan tetapi ini berarti penolong yang lain itu berbeda jenis dengan Yesus itu sendiri,kita bisa memastikan Yesus dan Roh Kudus adalah dua jenis yang berbeda. Permasalahannya didalam Bible Yunani yang diakui oleh umat kristen sendiri mencantumkan kata "allon" yang didalam kata Yunani meripakan bentuk maskulin dari kata "allos" {al'-los} yang berarti "yang lain dalam jenis yang sama", kata Yunani untuk yang lain dari jenis yang berbeda adalah "heteros" {het'-er-os}[1]. Dari penggunaan kata ini saja kita dapat menyimpulkan bahwa Penolong yang lain itu harus merupakan jenis yang sama seperti Yesus, dan itu jelas bukan roh kudus. Hal ini juga disetujui oleh Rudolf Bultman. 

"Paraclete adalah figur pararel dari Yesus sendiri kesimpulan ini dikonfirmasi dengan fakta bahwa gelar tersebut sesuai dengan keduanya. Hal itu sangat jelas dari Yohanes 14:16 sumber pemikiran dimana diutus dua Paracletes, Jesus dan penggantinya, yang satu menyusul yang lainnya "[2]


Jadi jelas kata Roh kudus adalah kata tambalan untuk maksud yang terselubung, kata Spirit atau "Roh" lebih tepat karena hal itu akan menunjukkan jenis yang sama dengan Yesus yaitu Nabi dari jenis manusia.
Tanggapan Pencet Link ini >

- 33 (Tigapuluh Tiga) Bukti ketiga bahwa Kata Roh kudus adalah penambahan adalah kata "Paraclete" atau "Paracletos" ternyata digunakan juga didalam 1 Yohanes 2:1, yang digunakan untuk menunjuk sosok Yesus itu sendiri.

Tekni'a mou, tau'ta gra'foo humi'n hi'na-mee' hama'rteete.Kai' ea'n tis hama'rtee, para'kleeton e'chomen pro's to'n Pate'ra, Ieesou'n Christo'n di'kaion (I Yohanes 2:1)

Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil(I Yohanes 2:1)

Saya tidak mengerti kenapa Advocate diterjemahkan menjadi pengantara oleh Bible terjemahan Indonesia sebab kata Advocate lebih cocok dengan arti pembela, penyokong, penganjur, bukan pengantara, tapi tidak perlu diperdebatkan lebih lanjut sebab itulah kristen pagan bisa seenaknya menterjemahkan satu kata dengan kata lainnya tanpa memperhatikan bentuk aslinya para’kleeton atau Paraclete atau paracletos dari bible yunani yang mempunyai arti yang sama.

Peclete sendiri didalam bahasa Yunani mempunyai arti "Advocate" atau "comforter" tetapi penggunaan pemilihan terjemahan dari kata paraclete dengan menggunakan kata "Advocate" untuk 1 Yohanes 2:1 dan menggunakan kata "comforter" untuk Yohanes 14:16 tentu saja bisa menimbulkan kecurigaan sebab semestinya bunyi ayat secara keseluruhan adalah

Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang Penyokong (paraclete) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil (I Yohanes 2:1) 

dan kemudian pada Yohanes 14:16 dikatakan

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penyokong(Paraclete) yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya (Yohanes 14:16)

Jadi Bible sendiri menyatakan secara jelas bahwa Yesus adalah paraclete dan dia akan meminta paraclete yang lain, artinya seseorang yang menggantikan tugas seperti yang dia lakukan dan Roh kudus tidak mungkin yang dimaksud oleh Yesus, sebab dia tidak memiliki fungsi seperti yang Yesus lakukan.


" Kata parakletos pada kitab Yohanes dalam perjanjian Baru sangat ganjil. Di Yohanes 2 Yesus adalah seorang parakletos, bertindak sebagai suatu perantara yang surgawi dengan Bapa ... tradisi Kristen telah mengenali figur ini ( Paraclete) seperti Roh Kudus, tetapi sarjana seperti Spitta, Delafosse, Windisch, Sasse, Bultmann, dan Betz sudah meragukan apakah identifikasi ini jujur kepada gambaran yang asli dan sudah mengusulkan bahwa Paraclete adalah suatu figur mandiri yang salvific, kemudiannya dikacaukan dengan Roh Kudus."[3]
Tanggapan Pencet Link ini >

- 34 (Tigapuluh Empat) POINT KEDUA KEPERGIAN YESUS SYARAT BAGI DATANGNYA SANG PENGHIBUR
Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu (Yohanes 16:7)
Tanggapan Pencet Link ini >

- 35 (Tipuluh Lima ) POINT KETIGA CIRI-CIRI SANG PENGHIBUR

Ciri pertama dia akan menemanimu selama-lamanya
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya ( Yohanes 14:16 )


Apa yang dimaksud mengiringi kamu selama-lamanya ?, apakah hal itu berarti sang penghibur akan hidup selama-lamanya?
Tanggapan Pencet Link ini >

- 36(Tigapuluh Enam ) 
Ciri Kedua Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu kenapa Yesus mengatakan hal ini ?, sebab dia merasa belum mengajarkan semuanya, dan sang penghibur tersebut akan mengajarkan dang mengatakan semuanya.

tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu ( Yohanes 14:26)

Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya (Yohanes 16:12)

Dan sang penghibur yaitu Roh kebenaran akan membimbing kamu sekalian kepada kebenaran ia akan mengatakan apa yang dia dengar dari Tuhannya bukan dari dirinya sendiri.

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya ( Yohanes 16:13 )

Jadi sang penghibur akan memberi petunjuk kepada segala sesuatu tentang kebenaran, uamh tidak sempat atau tidak diajarkan oleh Yesus.
Tanggapan Pencet Link ini >

- 37 (Tigapuluh Tujuh) 
Ciri Ketiga, dia akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu

..dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. ( Yohanes 14:26 )

Yesus dengan jelas dan tepat mengatakan dia akan mengingatkan kamu tentang semua yang kukatakan kepadamu
Tanggapan Pencet Link ini >

- 38 (Tigapuluh Delapan) 
Aku (Yesus) tidak pernah mengatakan kepada mereka (Bani Israel) kecuali apa yang Engkau (Allah) perintahkan kepadaku (mengatakannya) yaitu: "Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu", dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. (QS. 5:117)

- 39 (Tigapuluh Sembilan )
2, Yesus mengatakan bahwa Tuhan itu Esa bukan beroknum tiga seperti yang dianut oleh kristen pagan
Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. (Markus 12:29)

Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! (Ulangan 6:4)

Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorangpun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku. (Ulangan 32:39)
...Maha Suci Allah. Dialah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan. (QS. 39:4)
Tanggapan Pencet Link ini >

- 40 (Empat Puluh ) 
3, Yesus mengajarkan Hukum Qishas sementara kristen pagan menolaknya
Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. (Matius 5:38)

Dan Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At Taurat) bahwasanya nyawa (dibalas) dengan nyawa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka luka (pun) ada kisasnya. Barangsiapa yang melepaskan (hak kisas) nya, maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim.(QS. 5:45)
Tanggapan Pencet Link ini >

- 41 (Empatpuluh Satu ) 
Ciri Keempat,Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman ( Yohanes 16:8 )

Yesus sekali lagi dengan tepat mengatakan bahwa sang penghibur akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman. Pertama Yesus mengatakan bahwa sang penghibur akan mengingatkan tentang ajarannya, kedua yesus mengatakan bahwa dunia akan diinsafkan dari pemahaman yang salah tentang dosa, kebenaran dan penghakiman seperti yang diyakini oleh pengikut kristen pagan.
Tanggapan Pencet Link ini >

- 42 (Empatpuluh Dua) 
"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. (Matius: 5:17-19)

akan tetapi nabi palsu paulus malah mengajarkan

Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat. ( Roma 3:28 )
Tanggapan Pencet Link ini >

- 43 (Empatpuluh Tiga ) 
Ciri Kelima, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya ( Yohanes 16:13 )

Sang penghibur akan membimbing kepada kebenaran, mengingatkan mereka tentang yang Yesus ajarkan, menginsafkan akan dosa, kebenaran dan penghakiman, sebab sang penghibur tidak berkata dari dirinya sendiri tetapi berkata apa yang didengarnya dari Tuhan yang maha kuasa.

Tuduhan :
Ciri keenam, dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. (Yohanes 16:13)

Tanggapan Pencet Link ini >

Source : http://www.sarapanpagi.org/tuduhan-muslim-yesus-kristus-roh-kudus-vt8123.html

Post a Comment

Previous Post Next Post